Nyambung ma postingan sblumnya..
gw pengen crita2 lg tntang kelas gw yg katanya unggulan ituh. Kls 9’10..
masa2 gw di 9’10 bner2 sulit. Gw susah beradaptasi. Dari segala sudut(ialah, di pojok kls udh d tmptn nanda yg kayanya mau kentut). Tmen2 gw smuanya kliatan sangat jenius. Dari tampang mreka gw yakin mreka pinter jawab pertanyaan2 yg sulit, kaya misalnya “berapa 3 di kurang 2?” pasti mreka bakal rebutan nunjuk jari, sampe akhirny guru itu nunjuk dia, trus orang yg di tunjuk mnjawab dgn gagahnya ”jawabannya 30 pak”, “bodoh kamu!” si guru mulai emosi.. yg itu bcanda. Tp sumpah, bagi anak2 9’10 , kberadaan gw d kelas itu sangat2 gk berarti, gk da perlawanan, bagai pejuang di tembak belanda, kura2 dalam tempurung, kucing dalam karung, udang dalam tepung, kenyang dalam lambung. Prlawanan gw di anggep kaya gigitan semut, berbeda dgn galieh yg perlawananya sperti gigitan mammoth.
Ok kita bahas(hah? kittaaa? Lo aja kali sama junot) perlawanan gw di setiap mata pelajaran. :
- IPA : pengetahuan gw tentang IPA gk bisa di pungkiri lagi kbenarannya, gw yg udh dari kls 8 di ajar ma guru IPA yg sama + guru IPA baru sangat2 gk ngerti ma pelajaran ini. Belajar IPA gk smudah yg gw bayangin, yg gw bayangin belajar IPA cuma bagaimana cara mnumbuhkan bulu ketek dengan menggunakan sari-sari daun yg brceceran di tanah n gimana caranya mensilangkan pohon mangga dengan ayam jago. Pmikiran yg bner2 brilian mnurut gw. bgtu gw tauu wajah asli dari IPA itu kaya apa, susah gile. Kumpulan rumus dmn2. di halaman satu ada rumus, di halaman 2 ada rumus, di halaman tetangga ada rumus, ajegile. Perlawanan gw Cuma gw hadiahkan 2% dari sluruh siswa di kelas gw. Rendahnya pngetahuan gw tntg I-P-A prnah memakan korban, korban gk brsalah ini brnama nanda. Swaktu bu maryani(guru IPA) nanya “apa fungsi dari ginjal?” , satu kelas diem mikirin jawaban itu, gw adalah org prtama yg dapet ilham(buset, mimpi apa gw smalem dapet si ilham, mnding dapet duit dh) dari prtanyaan itu. Jawaban yg gw dapet : ”fungsi dari ginjal ialah melengkapi organ tubuh manusia agar tidak di anggap cacat oleh manusia lainnya” ,namun karna gw org yg bner2 gampang nerfeus jd gw hadiahin jawaban gw buat nanda, tp gw gk bakal biarin nanda dapet tanggepan perfect dari orang gara2 jawaban gw, jd gw bakal suruh dia jawab jawaban yg laen, “bner ni wal jawabannya, ntar salah lagih?”, nanda meragukan kjeniusan gw, teman macam apa kau nanda,cuih.”iya itu jawabannya, gw pernah baca” kata gw meyakinkan,
“ya nanda?” kata bu mar sambil nunjuk nanda yg ngacungin tangannya.
“fungsi dari ginjal adalah untuk menyaring sari-sari makanan” nanda berkata sangat gagah.
“iyah, kamu bodoh” kata bu mar sambil senyum.
yapp, reputasi nanda turun mulai hari itu, n gw slamet dari kterpurukan. Pesen gw buat nanda, kayanya lho emank harus mragukan kmampuan gw. Yeah!
- Penjaskes : gw itu tipikal org yg gk suka cape2an, apa lagi sampe kringetan, gw tau lho mikir “bencong lho wal”, tp jgn salah loh, bencong jg sring kringetan klo lg di kejar muklis, ralat, maksud gw klo lg di kejar trantib. Kadang gw suka gk niat klo lg plajaran penjaskes, brbeda ma yudha yg kayanya slalu brgairah di smua plajaran. Prlawanan kecil gw ada 10% dari sluruh siswa di kls gw. Pngetahuan gw tntang olahraga gk buruk2 amat. Gw masih ngerti cara brenang yg bner ko, malahan gw jg tau
- Bahasa inggris : gw emang gk bakat di pelajaran yg satu ini, kata paling lancar yg gw kuasain untuk smentara “yes” n “no”. plajaran ini cukup rumit ktimbang gw mesti jongkok seharian di WC swaktu lagi muntaber. Plajaran ini butuh tense d stiap kalimat yg harus gw bkin. Kaya misalnya, bahasa inggris dari ‘kau tidak apa apa?’ itu ‘are you okay?’ . padahal mnurut gw, smestinya bahasa inggris dari kalimat ‘kau tidak apa apa?’ itu mestinya ‘you no what what?’ , itu dieh rumitnya, smuanya butuh tense. Gw aja kaga hapal nama2 tense, yg gw hapal cuma karakter2 dari komik kambing jantan. Nah buat plajaran ini gw taro 5% dari sluruh siswa di kelas gw.
- IPS : gk tau knp guru IPS yg ngajar d kls gw, dari kls 7 sampe kls 9 ini super bubur smua. Ralat, maksudnya super bae smua. Guru kls 9 gw ini ada 2 orang, pa heli(sorry, hurup ‘R’ harus di samarkan) sama pa aan. IPS gw lumayan lah buat di perhitungkan, scara gw tu punya otak super jenius, pelajaran kls 7 ajh gw masih inget. kaya “sebutkan slah satu benda pninggalan pra sejarah?”, gw bakal jwb dgn yakin : “dolmen pak, dan mnurut saya dolmen itu masih ada di jaman skarang, masih pake kuda lagih(itu delman bego!).”. gw kasih presentase 5% dari sluruh siswa di kls gw. emang sih gw rada ngaco ma plajaran IPS ini. tp yah tmn di skitar gw lebih jenius dari gw yg masih kalah jenius sama sapi madura. Pljaran ini kadang bkin gw hepi. Klo lg bete di kelas gw tinggal maju kdepan trus bilang “pak, gw mau makan, boleh atou lo pulang ngeliat anak lo gw gantung di jemuran?”, hha, bcanda. Biasanya gw maju trus bilang “pa izin ke kamer mandi” , pasti pa aan/pa HERI(puas lo pada, puaasss!) ngijinin make isyarat kpala di anggukin. Sbnernya gw masih kurang yakin isyarat anggukin kepalanya itu artinya mengijinkan, mungkin aja dia over klabing(emnk ada?). bgtu gw kluar kls niat yg tdnya mo kencing brubah waktu liat nanda ma komang pada makan nasi uduk di kantin, yah mau gk mau gw ngikutlah, jd salah siapa?..
- MTK : iiah, M-A-T-E-M-A-T-I-K-A.. sangat sangat ganas. Plajaran ini kaya siap mnelan gw dgn brmacam2 rumusnya. Slama bljr ini, otak gw slalu nemuin jalan buntu, gw sperti di perbudak oleh rumus2 itu. Oh men. Hah, elo men? . lupain, lanjut ke cerita. Guru2 yg ngajar MTK ini punya cara khas sndiri buat ngajar. Guru gw yg kls 9 ini baik tp bikin tegang. Klo di Tanya bukannya jawab, yg ada gw malah naber. Tp bruntunglah gw di stiap ada ulangan harian. Kadang gw mmanfaatkan yudha, kadang jg panji. Yahyah sperti si kancil anak alim,loh ko anak alim?
- Bahasa Sunda : brtolak blakang sama bahasa inggris. Kalo bahasa sunda gw berani ngasih presentase 60% dari sluruh siswa di kls gw. Gw ngerti abiss. Kelebihan gw : gw hampir ngerti n bisa nerjemahin smua kalimat bahasa sunda jd bhs inggris(loh?),mksudnya bahasa
- Tata Boga : plajaran yg enak mnurut gw, n gw yakin ebii jg sangat kaporit dgn pljaran ini. mksud gw sangat paporit. Waloupun kesan tataboga yg ngebahas tntang makanan brubah 270 drajat jd latihan vocal masal swaktu bu irr yg ngajar. Kaya wktu gw kls 7 dulu, gw dgn begonya ngikut2 nyanyi, yg liriknya hasil ciptaan bu irr sndiri..liriknya :
manisan jambu air, manisan apel, manisan mangga, maaanisann.. maaanisan.. manisan..
sampe skrg gw blom tau kunci gitarnya apa n dimana kasetnya di jual. Presentase gw buat pljrn ini 20% dari sluruh siswa di kls gw. yg sbnernya banyak keuntungan sbg seksi penyicip.
- Bimbingan Konseling : sangat sangat favorit ma pljaran ini, gurunya enak bgt pas ngajar. Gk di bawa tegang sama sekali. sring ngasih2 masukan buat siswa/i gmn caranya jd siswa yg bener. n buat plajaran ini gk da presentase dari siswa2.
- PKN : plajaran yg nyantai, guru gw di kls 9 ini sama kaya guru gw waktu kls 7 dulu, bu yani. Guru super gaul mnurut gw, slama lg di pelajaran dia, gw ngupil(loh?), gw slalu mrhatiin, yg ngajar bae bgt. Gw nganggep plajaran ini gk bkal mnebar ancaman buat gw yg nerfeusan ini. tp waktu itu, waktu siswa/i yg bruntung di panggil bu yani, harus nyritain ap prestasi yg udh di torehkan oleh mreka. gw Cuma nyender di pojokan dket bangku nya indah sambil ssekali ngobrol ma indah, “waduh, gw punya firasat ni gw bakal di panggil” kata gw ke indah, si indah Cuma nyengir. Gw liat yudha maju dgn pedenya. Trus nanda. Abis itu amalia dan sbgainya. Sampe trakhir bu yani ngomong “okeh, satu lagi nih, tapi ibu pengen yg laki2nya, dari td prempuan mulu yg maju” kata bu yani sambil nengok2 siapa yg mau di tunjuk. Bu yani ngeliat ke arah gw trus langsung ngliat k arah laen. Yes, gw lolos. Ptaka yg brhasil gw lewatin Cuma dalem 1 detik brubah gtu aja waktu suara komank mrubah nasib gw. “awal bu!” triak suara komang provokator. Bu yani masih gk konek. Trus satu kelas nyebut2 “iia bu, awal bu”, “yaudah awal mana, oh tuh dia, ayo wal, maju” kata bu yani. ett deh si komang, blm prnah di suapin sandal kali yh dia. Pengen nya gw bilang “bu saya prempuan” tp kumis gw ngebuat gw gk jd pake alesan itu, gw agak2 ngbantah sdikit kaya ngomong “yah bu, aduh bu saya gk punya prestasi apa apa buu” kata gw make tampang melas. Yh tapi bu yani ttep aj mnantikan tampang kecut gw d depan sanah. Slama gw jalan dari bangku ke samping bu yani gw mikir, “waduh, prestasi gw apa, dulu sih pernah menang paduan suara waktu SD, tp kn gw Cuma mangap2 doang. Gw inget satu prestasi trtinggi gw, tp gw gk mau ngomong d dpan manusia sbanyak ini” . “ayo awal ,dimulai” kata bu yani yg buru2 bgt. Gw masih mikir : apa emank ini saatnya gw buka aib gw inih. Gw coba pake basa basi dulu “dulu, kira-kira tahun 2004 saya pernah menang sesuatu…”, gw liat manusia di dalem kls 9’10 ini udh pada bete ngdenger basa basi gw, gw liat fidi kulitnya jd putih n unyip yg dari td manyun2 aj. “..ya waktu itu tanggal 16 agustus saya pernah menang sbuah prlombaan yaitu..”, mungkin pkir ank2 9’10 : “wah gila, pasti awal menang drag race di depan bimba” ..”…saya menang lomba makan krupuk dan saya dapat 2 pensil dan 2 buku” gw diem, anak2 diem.. trus smua nya tertawa di atas tangisan gw. oh god.. bu yani ikut2n ketawa. Apa salah ku tuhaaannnnn???????? n presentasenya 7% dari sluruh siswa d kls gw.
- Pend. Agama : gurunya asik, Cuma kadang2 jg bikin tegang. Enaknya dia jarang masuk kls jd presentase blm di ktahui..
n ini yg ter akhir…
- Kesenian : lumayan enak, tp kadang jg gk mnynangkan. Prlawanan gw Cuma
trletak pada buku gambar n pensil,Gw lumayan bisa sama senigrafis n sangat
lemah di seni musik. Jd presentase Cuma 15%..
banyak perlawanan sia- sia yg gw lakuin di kelas unggulan yg gw tumpangin ini. yahyah. Smoga gk da halangan deh buat gw lulus dr SMP. Moga aj smuanya lulus di tanggal 20 itu. Amin..
udh dlu dh.
Bye..
0 komentar:
Posting Komentar